Sudah Tahu Belum Penyebab Umum Seseorang Kecanduan Nikotin? Yuk, Ketahui Penyebabnya!


Tahukah Anda apa itu nikotin? Bagi sebagian orang yang merokok, belum tentu benar-benar tahu apa itu nikotin. Dilansir dari halaman klikdokter, nikotin merupakan salah satu zat kimia yang terdapat dalam rokok dan bersifat kecanduan. Nikotin bisa kita ditemukan pada tanaman tembakau dan pemakaiannya melalui cerutu atau pipa. Lalu, apa penyebab umum kecanduan nikotin?

Penyebab utama kecanduan nikotin pada seseorang karena adanya rasa nyaman dan bahagia yang diberikan oleh nikotin di mana terdapat dalam rokok. Sifat adiktif dalam rokok mampu merangsang hormon dopamin sehingga akan menimbulkan rasa nyaman bagi para perokok.

Sudah Tahu Belum Penyebab Umum Seseorang Kecanduan Nikotin? Yuk, Ketahui Penyebabnya!

Ada beberapa faktor risiko yang menyebabkan seseorang menjadi kecanduan nikotin. Berikut ini ulasannya berdasarkan laman alodokter!

  1. Genetik
Siapa, sangka, faktor genetik juga bisa menjadi salah satu faktor risiko seseorang untuk tetap kecanduan nikotin. Adanya faktor genetik maka akan memengaruhi reseptor pada otak untuk merespons nikotin dalam dosis yang tinggi.

  1. Usia
Seseorang bisa saja mulai merokok sejak muda. Orang-orang akan beranggapan bahwa merokok adalah salah satu hal yang hebat. Namun, jika itu berdampak pada kesehatan, apa hebatnya membunuh diri sendiri secara perlahan? Jika sejak muda sudah merokok, maka semakin dewasa dan bertambah umur, bisa saja dia menjadi perokok berat.

  1. Depresi
Menurut penelitian, depresi, PTSD, dan skizofrenia memiliki hubungan dengan merokok. Itulah sebabnya seseorang yang memiliki gangguan mental akan melampiaskan kepada rokok.

  1. Lingkungan
Lingkungan juga bisa menjadi faktor risiko seseorang untuk kecanduan terhadap rokok. Jika lingkungannya berisi orang dewasa yang suka merokok, maka tak salah jika anak-anak nantinya juga tumbuh menjadi seorang perokok.

  1. Adanya Penyalahgunaan NAPZA
Seseorang yang memiliki kecanduan terhadap alkohol dan bergantung kepada NAPZA, maka seseorang itu juga akan cenderung untuk merokok.

Lalu, apakah kecanduan nikotin bisa diobati dan dicegah? Tentu bisa. Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

  1. Mencari Kegiatan Lain
Ketika Anda memiliki hasrat untuk merokok, cobalah untuk mengalihkan pikiran Anda ke hal lain, seperti melakukan hobi yang disukai, mencoba hal-hal baru, jalan-jalan, membaca buku, menonton film, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa mengganti rokok dengan permen karet tanpa gula. Menurut penelitian, mengunyah permen karet dapat memberikan Anda manfaat, salah satunya untuk kesehatan.

  1. Melakukan Olahraga
Seperti yang diketahui, melakukan olahraga bisa memberikan Anda manfaat, seperti membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Hanya dengan waktu 30 menit setiap harinya, Anda bisa mengalahkan stres dan lelah saat berhenti merokok. Olahraga juga dapat meningkatkan hormon kebahagiaan dalam tubuh seseorang dan membuat tidur lebih nyenyak.

  1. Mengendalikan Stres
Jangan biarkan stres menguasai Anda sehingga Anda memutuskan untuk melampiaskan stres kepada rokok. Anda bisa melakukan kegiatan lain yang lebih bermanfaat, seperti berkebun, memancing, menonton film, dan lainnya. Selain itu, Anda juga bisa melakukan meditasi. Dengan melakukan meditasi, pikiran Anda akan tenang dan menjauhkan Anda dari hasrat untuk merokok.

  1. Istirahat
Jangan lupa untuk selalu beristirahat dengan cukup. Hal ini karena dengan tidur, tubuh akan diberikan kesempatan untuk mengeluarkan sisa nikotin dan racun yang terdapat dalam tubuh. Untuk itu, Anda bisa tidur minimal 7-8 jam agar tubuh kembali sehat dan bugar.

Demikianlah penjelasan mengenai penyebab umum kecanduan nikotin. Apakah Anda salah satunya?

Related Posts:

Disqus Comments
Diberdayakan oleh Blogger.
© 2017 mrsqbookaddict.net - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger